08 February 2013

Fakta Film yang Menarik untuk Diketahui

Sekilas tentang Sinematografi
Film adalah seni yang selalu menarik perhatian masyarakat. Tanpa film, seni tidak akan sekaya sekarang. Apalagi, sekarang ini sudah marak ilmu atau sekolah seni yang menyediakan jurusan perfilman atau sinematografi.

Sinematografi sendiri sebenarnya memiliki makna secara etimologis sebagai pencahayaan atau pengambilan gambar fotografis untuk suatu sinema (film). Jika fotografi adalah ilmu tentang pengambilan gambar yang diam atau tidak bergerak, maka sinematografi adalah pengambilan gambar bergerak disertai dengan pencahayaan yang sesuai dengan gambar tersebut.

Sementara itu, orang yang melakukan praktik sinematografi disebut dengan sinematografer. Sinematografer memiliki tanggung jawab terhadap jalannya pengambilan gambar saat membuat sebuah sinema atau film. Oleh karena itu, dibutuhkan kepiawaian khusus bagi para sinematografer untuk bisa mengejawantahkan jalan cerita dengan gambar yang hendak diambil.

Jika gambar yang diambil tidak sesuai dengan jalan cerita atau ide cerita, maka hal itu berarti sinematografi belum mampu memvisualisasikan gambar dengan cerita sehingga tidak ada kesinambungan antara keduanya.

Secara teknis, pembuatan film tidak hanya mengandalkan ide cerita yang baik saja. Pembuatan film juga didukung oleh peralatan yang serba mutakhir, terutama pada pembuatan film science yang seringkali menggunakan banyak efek demi kepentingan makna visualisasi. Oleh sebab itu, sinematografer juga wajib bekerja sama dengan tim yang di dalamnya mencangkup sutradara, penulis skenario, serta pemain film atau artis dan aktor yang bermain peran di dalamnya.

Kesatuan elemen tersebut akan memperlihatkan kepada penonton bagaimana cerita digambarkan dengan baik lewat sebuah gambar hidup yang diambil melalui kamera dengan sistem pencahayaan tertentu.

Munculnya ide kreatif dalam bidang perfilman juga memungkinkan para sinematografer untuk memasukkan ideologi tertentu demi mengangkan ide kreatif tersebut. Misalnya saja, ide tentang film pembunuhan yang memungkinkan kamrea mengambil gambar secara lebih tersembunyi dan misterius jika dibandingkan dengan pengambilan gambar saat membuat film komedi atau drama keluarga.

Team Work dalam Pembuatan Film
Seperti yang sudah disebutkan di atas, pembuatan film tidak bisa dilakukan hanya oleh satu atau dua orang. Dibutuhkan kerjasama yang baik antara partner kerja yang satu dengan partner kerja yang lainnya. Kerjasama inilah yang nantinya akan membuahkan hasil visual yang baik. Oleh karena itu, sebelum membuat film, kita juga harus mengetahui tim yang harus ada untuk membuat visualisasi cerita berjalan dengan lancar.

Secara teknis pra pengambilan gambar, orang-orang yang dibutuhkan untuk bekerja sama dalam pembuatan film tentu saja penulis cerita, sutradara, dan aktris. Akan tetapi, untuk mengambil gambar dengan menggunakan teknik perfilman dibutuhkan tim sebagai berikut.
  1. Asisten kameramen yang bertugas untuk mendampingi kameramen dalam keperluan pengambilan gambar dan pengaturan serta pengecekan alat alat yang dibutuhkan dalam pembuatan film tersebut. Selain itu, asisten kamera juga bertugas untuk membawa kamera dan mempersiapkan kamera untuk keperluan pengambilan gambar.
  2. Focus Puller adalah tim yang bertugas untuk membantu sinematografer dalam memutar focus ring agar subjek yang diambil oleh kamera selalu dalam keadaan fokus.
  3. Grip adalah tim yang bertugas untuk memastikan letak kamera sesuai dengan arahan sinematografer, serta bertanggung jawab terhadap perpindahan kamera saat pengambilan gambar berlangsung.
  4. Gaffer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap proses pencahayaan saat pengambilan gambar berlangsung.
  5. Lightingman adalah tim yang bertugas menjalankan praktik pencahayaan dari gaffer.

Beberapa Fakta Film yang Menarik
Di balik pembuatan film dan bagaimana film tersebut dipublikasikan kepada khalayak ramai, selalu ada saja fakta menarik yang perlu diketahui. Seperti yang sekarang akan kita simak, yakni ada beberapa fakta menarik tentang perfilman dunia. Nah, berikut ini akan dipaparkan beberapa fakta film yang bisa membuat Anda tercengang.

Razzie Award
Tahukah Anda, di Amerika sana ada sebuah penghargaan untuk film terburuk. Nama ajang penghargaan tersebut adalah Razzie Award. Kalau ada penghargaan terbaik sekelas Oscar, ternyata Amerika juga dibuatkan sebuah penghargaan untuk film-film yang dianggap buruk.



Fakta yang mesti Anda tahu, film Showgirl (1995) serta Battlefield Earth (2000) berhasil memboyong tujuh penghargaan paling memalukan versi Razzie Award. beberapa film lain juga mendapatkan penghargaan terburuk, di antaranya adalah Rambo First Blood Part 2, Star Trek V, Hudson Hawk, Indecent Proposal, The Postman dan Wild-Wild West.

Animasi
Tahukah Anda, ternyata film animasi juga diperhitungkan di ajang bergengsi. Beauty And the Beast meraih piala Golden Globe. Dan, merupakan film animasi pertama yang masuk nominasi Best Picture dalam Academy Award.

Film India
Ada sebuah film India, berjudul Athbutadweepu, dibuat pada 2005. Kisahnya sendiri terinspirasi dari novel Guliver Travel. Fakta menarik dari film ini adalah keberanian sutradara dan produsernya untuk membayar 350 orang cebol guna pembuatan film tersebut. Wah, bagaimana castingnya, ya?

Ciuman Terlama
Ternyata, ciuman terlama dalam sejarah film terjadi antara Jane Wyman dan Regis Tommey dalam film You’re in The Army Now (1941). Total waktu ciumannya 3 menit 5 detik. Atau menghabiskan 1/25 dari total durasi film tersebut.

Film dan Franchise Terlaris
Titanic tercatat sebagai film terlaris sepanjang sejarah di Amerika dan seluruh dunia. Dengan dana pembuatan dua ratus juta dolar, film Titanic mampu meraih untung di seluruh dunia sebesar 1,8 milyar dolar. Bayangkan, berapa kali lipat keuntungan yang didapat.

Film animasi terlaris sepanjang sejarah diraih oleh Shrek 2. Film ini dirilis pada 2004 dan mencetak laba sebesar 919.838.758 dolar di seluruh dunia.

Ternyata, franchise Harry Potter, sampai edisi kelima sudah mencapai keuntungan, 4,49 miliar dolar Amerika. Franchise itu didapat dari penjualan film dan beragam atributnya. Itu belum termasuk edisi keenam dan ketujuhnya. Wuih, nggak kebayang ya, sekaya apa JK Rowling di Inggris sana.

Pencaplokan Studio
Ternyata, studio Animasi Pixar, yang mempopulerkan film Toy Story danFinding Nemo, dicaplok oleh The Walt Disney Company. Pixar dibeli seharga 7,4 miliar dolar pada 5 Mei 2006. Ya, tidak apa-apa juga sih, nilai beli sangat besar.

Artis Termahal 
Rekor bayaran tertinggi dipegang oleh artis Julia Robert. Dia mengantongi bayaran sebesar 25 juta dolar untuk bermain di film Monalisa Smile. Dan, untuk aktor cowok, dipegang oleh Mel Gibson dalam film Lethal Weapon 4. Total bayarannya 30 juta dolar.

Beberapa Rekor Lainnya 
  • Film Spiderman 3 tercatat sebagai film yang paling menghabiskan dana di tahun 2007. Film ini konon menghabiskan dana sebesar 257 juta dolar Amerika.
  • Rekor film terpanjang  di dunia dipegang oleh The Cure of Insomnia pada 1987. Film ini memiliki masa putar 85 jam.
  • Serial TV Baywach tercatat sebagai serial paling banyak ditonton di seluruh dunia. Guinnes World Of Records mencatat ada 1,1 miliar orang menonton serial ini. Apa Anda salah satunya?
Kecelakaan terbanyak dalam sejarah film terjadi pada 1989, dalam pembuatan film The Sword Of Tipu Sultan. Dalam film ini tercatat 40 kali kecelakaan di lokasi syuting. Yang paling mengerikan, film ini memakan korban hingga mencapai 62 orang yang tewas. Fakta film yang menarik bukan?

Sumber : www.anneahira.com
COMMENTS