10 April 2013

Aplikasi Ini Bantu Temukan Sepeda yang Hilang



BERLIN – Sekelompok mahasiswa Jerman telah mengembangkan sebuah aplikasi komputer bagi Anda yang gemar mengayuh sepeda. Aplikasi tersebut memungkinkan pengendara sepeda dapat menemukan kembali sepedanya yang dicuri.

Pencipta aplikasi ini, Martin Jager mendapat ide ini karena ia sendiri merupakan salah satu korban pencurian sepeda sebanyak lima kali dalam kurun waktu tiga tahun sebelumnya. Merasa kesal, Jager akhirnya membuat aplikasi Fahrradjager yang dapat melacak bahkan menemukan sepeda telah dicuri itu.

Caranya menggunakan aplikasi ini mudah, cukup mendaftarkan stiker kode QR yang tertempel pada sepeda masing-masing ke situs. Kemudian Fahrradjager akan men-scan kode QR untuk disimpan ke dalam database.

Jika pengguna merasa kehilangan sepeda, dapat dilaporkan melalui aplikasi di smartphone untuk melacak keberadaan sepedanya. Demikian disitat TheLocal, Selasa (9/4/2013).

Sejauh ini, aplikasi Fahrradjager telah berhasil mempertemukan 38 pemilik sepeda dengan sepedanya yang hilang. Kepala kepolisisan Rostock di Jerman, Yvone Hanske menyebutkan aplikasi ini dapat membuat pencuri sepeda jera ke depannya, sehingga dapat mengurangi angka pencurian sepeda di Jerman.

“Awalnya aplikasi ini hanya berkonsentrasi untuk pesepeda di kawasan Berlin dan Rostock saja, yang saat ini menjadi tempat kami menimba ilmu. Namun, melihat aplikasi ini disambut positif oleh kalangan pesepeda di Jerman, rencananya kami akan mengembangkan aplikasi ini lebih baik lagi,” jelas Fahrradjager.



COMMENTS