09 March 2013

Amankan Password Anda Dengan KeePass Password Safe




Salah satu masalah yang paling sering dihadapi oleh pemilik kredensial adalah banyaknya jumlah akun yang berbeda yang dimilikinya. Jika setiap akun ini ia harus mengingat-ingat kredensial yang berbeda-beda, yang sering terjadi adalah hal yang konyol, seperti lagu yang dinyanyikan oleh Kuburan, namun dalam kasus ini yang dilupakan bukan lupa syairnya, tetapi lupa passwordnya. Dimana pemilik akun terproteksi oleh dirinya sendiri dan tidak dapat mengakses akun karena lupa akan passwordnya. Apalagi banyak saran dari pengamat sekuriti yang menyarankan para pemilik akun mengganti passwordnya secara berkala.

Karena itu banyak pemilik password memilih jalan pintas dengan menggunakan satu password yang sama untuk semua akunnya. Hal ini bisa menjadi bencana besar karena satu password yang sama akan dapat digunakan untuk mengakses semua akun. Penulis pernah mengalami keluhan dari pengguna Facebook yang akunnya berhasil di curi orang dan untuk mengembalikan akun tersebut ia perlu mengakses kode reset akun di rekening Yahoo miliknya. Tetapi karena ia menggunakan password yang sama untuk akun Yahoo mailnya, ia tidak memiliki akses ke akun tersebut dan akhirnya terpaksa membuat akun Facebook baru.

Dunia maya menyebabkan banyak masalah, tetapi dunia maya juga memberikan solusi atas masalah. Salah satu solusi yang mujarab dan aman untuk menghadapi masalah ini adalah program Password Manager. Program ini cukup banyak tersedia, baik versi komersial maupun versi gratis. Penulis pada kesempatan ini akan memperkenalkan satu program open source yang gratis tetapi cukup handal dan aman dalam mengelola kumpulan kredensial anda.

KeePass Password Safe merupakan program manajemen password yang berfungsi untuk menyimpan semua kredensial anda dengan aman sehingga anda tidak perlu mengingat semua password dan hanya perlu mengingat satu master password. Untuk menambah keamanan, selain menggunakan master password untuk mengakses database password anda KeePass juga dilengkapi dengan enkripsi AES, Rijdael dan Twofish sehingga sekalipun data file password anda jatuh ke tangan orang lain, akan sangat sulit bagi penemunya untuk membuka file tersebut.



 


Selain fitur pengamanan yang mumpuni dan kenyamanan untuk tidak perlu mengingat password, KeePass juga dapat memberikan perlindungan tambahan karena anda tidak perlu mengetikkan Username dan Password tetapi hanya perlu melakukan [Copy] dan [Paste] dari KeePass. Program KeePass dapat di unduh dari http://keepass.info/download.html dan meskipun versi resminya hanya tersedia untuk pengguna Windows, tersedia port untuk menggunakan database KeePass yang sama di Iphone / Ipad, Android, Blackberry, Windows 7 dan Palm.

Bagi anda yang ingin mengunakan KeePass dalam Bahasa Indonesia, tersedia paket Bahasa Indonesia yang diterjemahkan oleh Vaksin.com dan tetap dapat di unduh secara gratis dari http://keepass.info/translations.html. Bagi seluruh pelanggan korporat Vaksincom yang membutuhkan instalasi, cara menggunakan, support onsite dan training penggunaan KeePass Passwrod safe secara gratis, silahkan menghubungi info@vaksin.com.[dm]



COMMENTS