16 March 2013

Gam Cantoi Menghilang

foto by : gsfaceh.com



Banda Aceh – 'Gam Cantoi' adalah karikatur hasil goresan tangan M Sampe edward S sebagai tuannya. Karikatur berkarakter kritikan yang disajikan dalam tiga kolom ini sangat dekat dengan masyarakat Aceh.  Sayang, kini karya kental itu menghilang dalam keseharian masyarakat Aceh, terutama pembaca setia Harian Serambi Indonesia.

Kehilangan Gam Cantoi di salah satu sudut media Serambi Indonesia membuat sebagian pembaca merindukannya, walau diyakini banyak pembaca tidak pernah melihat langsung wajah dari tuan Gam Cantoi yang sebenarnya.

Abdul, penggemar karya besar M Sampe Edward merasa kehilangan tokoh Gam Cantoi dalam kesehariannya, karena ia sangat megandrungi salah satu kolom di harian Serambi Indonesia itu.

"Saya sering melihat Gam Cantoi dulu sebelum membaca isi Harian Serambi Indonesia lainnya, karena menurut saya apa yang hendak disampaikan oleh Gam Cantoi mudah difahami dan sederhana tapi penuh makna" ujarnya.

Taufik, penggemar Gam Cantoi lainnya mengatakan, sangat disayangkan kolom Gam Cantoi yang begitu kental dengan kritikan menghilang di Harian Serambi Indonesia, padahal kolom tersebut sudah melekat dalam kepala masyarakat Aceh.

“Walau dengan gambar, tapi tokoh Gam Cantoi mampu menyajikan kritikan membangun dalam penyajiannya dan saya rasa tidak ada pembaca Serambi Indonesia yang tidak tahu Gam cantoi. Gam Cantoi adalah tokoh kartun yang mampu menghibur dan kritis,” katanya.

Apa penyebab Gam Cantoi menghilang?, belum seorangpun pembaca setia Serambi Indonesia mengetahuinya. Menurut penuturan salah satu karyawan Serambi Indonesia, si tuan Gam Cantoi yang berdomisili di Kota Lhokseumawe itu sedang tidak sehat. Jika benar demikian tentu kita dan Gam Cantoi berdo’a semoga M Sampe Edward S lekas sembuh.



COMMENTS