10 March 2013

Contact Lens Ini Bisa Terima SMS



Brussel - Sebuah teknologi baru memungkinkan informasi seperti SMS dari ponsel bisa diproyeksikan ke lensa kontak yang dipakai di mata. Lensa kontak ini dikembangkan para ilmuwan dari Belgia.

Di Ghent University, tepatnya di bagian pusat teknologi mikrosistem, mengembangkan display LCD berbentuk cembung yang bisa ditanamkan di lensa kontak. Display ini memproyeksikan konten seperti gambar atau teks menggunakan teknologi wireless.

"Kini kami telah menciptakan teknologi dasar itu. Kita bisa mulai menerapkanya untuk aplikasi nyata. Kemungkinan tersedia dalam beberapa tahun lagi," kata Profesor Herbert De Smet yang memimpin pengembangan aplikasi ini.

Sebelumnya memang sudah pernah ada penemuan sejenis. Namun lensa kontak 'ajaib' yang dikembangkan pertama kali masih sederhana. Pixel yang kecil kerap menjadi kendala saat memproyeksikan gambar. Pengembangan terbaru, memungkinkan keseluruhan permukaan lensa kontak dapat digunakan.

"Ini bukanlah fiksi ilmiah. Untuk aplikasi spesifik, akan sangat menarik untuk menampilkan gambar seperti arah jalan atau proyeksi pesan SMS dari ponsel langsung ke hadapan mata kita," kata peneliti lainnya, Jelle De Smet.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Selasa (11/12/2012), lensa ini juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan medis. Contohnya, mengontrol transmisi cahaya melalui retina mata untuk menggantikan iris yang rusak. 

Untuk kecantikan, lensa ini bisa dimodifikasi agar warnanya bisa berubah-ubah. Pengguna bisa mengubah warnanya sesuai mood saat memakainya.

COMMENTS