27 March 2013

Persekongkolan Pembunuhan Mahatma Gandhi Dijadikan Film Baru



Persekongkolan jahat oleh Nathuram Godse dan rekan-rekannya untuk membunuh ‘Mahatma’, yang tertuang dalam buku Manohar Malgonkar THE MAN WHO KILLED GANDHI akan segera dibuat menjadi satu film.

Buku Roli, penerbit buku, mengumumkan bahwa Cinetek Film telah membeli hak untuk film yang akan disutradarai oleh Siddharth Sengupta. Film itu dijadwalkan akan dirilis pada Januari 2014 untuk menandai ulang tahun ke-66 kematian Mahatma Gandhi, kata mereka dalam satu pernyataan.

Syuting film itu akan dilakukan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan India pada 15 Agustus tahun ini.  Buku ini adalah kisah pembunuhan Gandhi dengan rincian mulai dari rencana, kisaran politik di sekitar dan pengadilan Nathuram Godse serta mitranya dalam kejahatan – Narayan Apte, Vishnu Karkare, Gopal Godse dan Madanlal Pahwa.

Buku itu menyoroti alasan mengapa Mahatma Gandhi dibunuh dan bagaimana lima orang tersebut datang bersama-sama dan merencanakan pembunuhan itu. Penulis Malgonkar tinggal di New Delhi, di satu bungalow tak jauh dari Birla House, di mana Gandhi tewas.

Ketika peristiwa ini terjadi ia memiliki akses ke beberapa anggota keluarga dari para konspirator. Alhasil, ia bisa menyaksikan foto-foto penting dan dokumen yang berkaitan dengan pembunuhan menggemparkan itu.
Namun sejauh ini, pihak Cinetek Film belum mengumumkan siapa-siapa yang akan membintangi film itu.

Perlu diketahui bahwa kisah tentang Gandhi pernah digarap oleh sineas Hollywood Richard Attenborough dan berhasil pulang membawa 8 piala Oscar termasuk di antaranya, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Aktor Terbaik untuk Ben Kingstey.



COMMENTS